Selasa, 01 Maret 2011

Pengertian Organisasi Dan Semacamnya

ANDI IVAN V
30110682
1DB03

PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi adalah sekumpulan orang-orang antara dua orang atau lebih yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang mempunyai pembagian kerja dan tata hubungan kerja secara struktur, formal, dan terkoordinasi yang mempunyai bentuk kerjasama untuk mendapatkan pencapaian suatu tujuan bersama dan juga memiliki visi dan misi yang sama.

Adapun ciri-ciri dari organisasi adalah
- Adanya suatu komponen ( atasan dan bawahan)
- Adanya suatu kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
- Adanya suatu tujuan
- Adanya suatu sasaran
- Adanya suatu keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya suatu pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.
Pengertian Metode
Kata metode berasal dari kata Yunani methodos, sambungan kata depan meta (menuju, melalui, mengikuti) dan kata benda hodos (jalan, cara, arah). Kata methodos berarti: penelitian, metode ilmiah, uraian ilmiah, yaitu cara bertindak menurut sistem aturan tertentu. Sementara itu, metodologi berasal dari kata metode dan logos, yang berarti ilmu yang membicarakan tentang metode-metode. Melihat dari pengertiannya, metode bisa dirumuskan suatu proses atau prosedur yang sistematik berdasarkan prinsip dan teknik ilmiah yang dipakai oleh disiplin (ilmu) untuk mencapai suatu tujuan.
Sementara itu metodologi disebut juga science of methods, yaitu ilmu yang membicarakan cara, jalan atau petunjuk praktis dalam penelitian atau membahas konsep teoritis berbagai metode atau dapat dikatakan sebagai cara untuk membahas tentang dasar-dasar filsafat ilmu dari metode penelitian. Bagi ilmu seperti sosiologi, antropologi, politik, komunikasi, ekonomi, hukum serta ilmu alam, metodologi merupakan dasar-dasar filsafat ilmu dari suatu metode atau langkah praktis penelitian.
SEJARAH ORGANISASI

Organisasi Pergerakan Nasional Budi Utomo Menghadapi Kekuasaan Kolonial Hindia Belanda Tahun 1908

Budi Utomo adalah organisasi pergerakan modern yang pertama di Indonesia dengan memiliki struktur organisasi pengurus tetap, anggota, tujuan dan juga rencana kerja dengan aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan. Budi utomo pada saat ini lebih dikenal oleh masyarakat sebagai salah satu STM yang memiliki siswa yang suka tawuran, bikin rusuh, bandel, dan sebagainya. Biasanya anak sekolah tersebut menyebut dengan singkatan Budut / Boedoet (Boedi Oetomo). Pada artikel kali ini yang kita sorot adalah Budi Utomo yang organisasi jaman dulu, bukan yang STM.
Budi Utomo didirikan oleh mahasiswa STOVIA dengan pelopor pendiri Dr. Wahidin Sudirohusodo dan Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang bertujuan untuk memajukan Bangsa Indonesia, meningkatkan martabat bangsa dan membangkitkan Kesadaran Nasional. Tanggal 20 Mei 1908 biasa diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia.
Sebagai suatu organisasi yang baik, Budi Utomo memberikan usulan kepada pemerintah Hidia Belanda sebagai mana berikut ini :

1. Meninggikan tingkat pengajaran di sekolah guru baik guru bumi putera maupun sekolah priyayi.
2. Memberi beasiswa bagi orang-orang bumi putera.
3. Menyediakan lebih banyak tempat pada sekolah pertanian.
4. Izin pendirian sekolah desa untuk Budi Utomo.
5. Mengadakan sekolah VAK / kejuruan untuk para bumi putera dan para perempuan.
6. Memelihara tingkat pelajaran di sekolah-sekolah dokter jawa.
7. Mendirikan TK / Taman kanak-kanak untuk bumi putera.
8. Memberikan kesempatan bumi putra untuk mengenyam bangku pendidikan di sekolah rendah eropa atau sekolah Tionghoa - Belanda.







Pengalaman dalam berorganisasi
Organisasi ? begitu banyak organisasi yang terdapat di indonesia. Dari organisasi yang berbentuk formal maupun non formal.Berbagai kalangan masyarakatpun mempunyai beragam organisasi, seperti contohnya saya.
Saya pun juga turut dalam berorganisasi, salah satunya adalah karang taruna.
Karang taruna, adalah semacam organisasi remaja yang beranggotakan anak – anak remaja sekitar tempat tinggal yang sengaja dibentuk, yang mempunyai satu tujuan yang sama. Macam-macam kegiatan organisasi ini adalah seperti membuat suatu acara yang berbentuk sosial maupun non sosial. acara sosial seperti peduli korban bencana, donor darah, pengumpulan barang-barang yang sudah tidak terpakai, dan masih banyak kegiatan lain.
Selain untuk membuat acara-acara seperti tadi, karang taruna juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan di antara remaja-remaja. Awalnya saya kurang suka ikut organisasi – organisasi, tetapi setelah di ajak ternyata menyenangkan. Ikut organisasi seperti ini membuat saya semakin banyak mempunyai teman, dari yang awalnya tidak kenal menjadi kenal, dan dari awalnya yang sudah kenal semakin akrab. Ikut organisasi seperti ini juga dapat membuat pengetahuan kita semakin luas, karena memang banyak teman dan bergaul semakin kita mempnuyai wawasan yang luas. Karena pengetahuan tidak hanya kita kenal lewat buku, tetapi lewat pergaulan juga kita bisa mendapatkan pengetahuan. Organisasi seperti ini juga membuat kita semakin mempunyai rasa peduli terhadap sesama, dan juga membentuk jiwa sosial kita yang mungkin kurang sebelumnya menjadi mempunyai jiwa sosial yang tinggi.
Sungguhlah penting dalam mengikuti organisasi, karena organisasi mebuat kita semakin mempunyai pengetahuan yang luas, dan mengerti arti kehidupan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar