Kamis, 21 April 2011

Mitos Pasar Malam

Pasar malam, mungkin bagi semua orang pasar malam begitu menyenangkan. Tak peduli kalangan manapun, baik kalangan bawah, menengah ataupun kalangan atas. Ini dikarenakan pasar malam begitu lekat akan kata ramai. Dengan pasar malam kita dapat merasakan rasa kekeluargaan dengan menikmati permainan yang berada di pasar malam dengan biaya yang terbilang murah, pas di kantong, atau tidak mencekik keuangan berbagai kalangan.Seperti namanya pasar MALAM, yang pasti wahana yang dibuat di berbagai tempat, ditengah-tengah lingkungan masyrakat ini buka saat matahari tak menampakkan sinarnya lagi arti kata pasar malam hanya buka saat malam hari. Didalam pasar malam terdapat berbagai wahana permainan seperti bianglala, rumah hantu, roda gila, wahana-wahana permainan yang berlomba untuk mendapatkan hadiah ataupun berisi bazar yang menjual berbagai pakaian,kacamata,dan merchandise lainnya.Sebenarnya masih banyak wahana yang ditawarkan oleh pasar malam, tapi ini semua tergantung dari pasar malam tersebut.

Tidak dipungkiri lagi, pasar malam pun tidak pernah terdengar akan kata SEPI. Tidak terkecuali ada kata HUJAN yang mengguyurnya saat malam. Saat hujan menghampiri pasar malam secara berramai-ramai pasar malam akan menjadi sepi begitu juga becek yang terjadi disana. Karena rata-rata pasar malam dibentuk di tempat atau tanah lapang kosong ataupun juga lapangan bola yang tidak terpakai. Pasar malam akan begitu becek dengan tanah merah yang basah. Namun pada saat hujan pasar malam akan tetap ramai bagi saya, karena pasar malam dikunjungi oleh ribuan hujan yang turun saat itu. Tetapi sungguh keajaiban yang diberikan oleh pasar malam, meskipun hujan turun, ternyata masih ada pengunjung yang datang untuk menikmati wahana-wahana disana. Begitu terkejutnya saat melihat situasi seperti itu. Hmm ?? mungkin pasar malam memang memberikan berbagai kebahagaiaan menikmati permainan dengan orang-orang yang kita sayangi dan kasihi dengan harga yang murah. Terdapat berbagai keceriian yang terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa saat menikmati permainan disana. Good luck buat yang jadi pelopor pasar malam, karena dari generasi ke generasi tidak pernah ada yang tidak mengetahui apa itu pasar malam, berbagai kalangan sangat menyukainya.

Tetapi tidak dengan saya beserta dengan masyrakat disekitar sini. Saya memamng menyukai permainan yang ditawarkan oleh pasar malam, pasar malam juga memberikan kebahgiaan tersendiri. Namun, bagi masyrakat di sekitar sini pasar malam mempunyai mitos tersendiri. Mitos pasar malam di sekitar sini adalah penyebab terjadinya hujan. Karena jika ada pasar malam tersebut digelar disini pasti akan terjadi hujan terus menerus. Awalnya saya berpikir seperti ini juga, namun saya mentertawakan pemikiran saya yang begitu kekanak-kanakan, yang berkata “kalo ada pasar malam, pasti hujan” itulah yang ada di pikiran saya dahulu. Saya pun kesal karena saat ada pasar malam pasti hujan karena huja tidak bisa membuat saya melakukan aktivitas ataupun pergi melakukan aktivitas. Namun lama-lama saya buang pikiran bodoh itu. Tetapi desas punya desus, saya sudah mendengarkan berbagai omongan pada setiap kalangan. Yang mempunyai pemikiran seperti saya bahwa “pasar malam lah penyebab hujan, setiap ada pasar malam disini pasti hujan.” Itulah yang saya dengar saat ini, memang benar adanya dan saya juga tidak dapat memungkirinya, kita ambil contoh satu minggu kemarin, saat pasar malam tak berada disini, satu minggu penuh tidak ada satupun setetes hujan yang turun disekitar sini, namun ketika akhir-akhir ini muncul pasar malam, setiap haripun daerah ini diguyur oleh ribuan hujan.

Itulah mitos dan kepercayaan masyrakat sini akan pasar malam. Namun tak penting akan mitos yang dipercaya akan pasar malam, pasar malam tetaplah pasar malam, pasar malam tetap memberikan kebahagiaan dan keindahan tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar