Minggu, 31 Oktober 2010

Analisi tentang I-lab

Analisi tentang I-Lab

Ilab

Ilab – Pengenalan ilab

Ilab adalah sebuah layanan homepage yang di peruntukkan bagi mahasiswa khususnya bagi mahasiswa Universitas Gunadarma yang berisi tentang sebuah informasi mengenai pelajaran yang akan di ajarkan pada saat kegiatan praktikum.
Di layanan ini, ada semua informasi yang kita cari yang menyangkut tentang kegiatan praktikum.

Berikut ini adalah fitur-fitur layanan ilab,

Tata tertib
Dalam layanan tata tertib, berisi tentang tata tertib saat memasuki I-lab, tata tertib tentang berpakaian saat kegiatan praktikum, dan prosedural keikutsertaan praktikum.

Praktikum
- Tutorial Praktikum
Dalam layanan ini berisi tentang artikel tentang akitifitas saat kegiatan praktikum berlangsung. Dalam artikel ini kita di berikan petunjuk atau cara tentang sebelum memulai praktikum, pada saat log-in praktikum, isi-isi kegiatan soal pada saat praktek berlangsung seperti pre-test, lab activity, dan post test. Setelah selesai mengerjakan keseluruhan soal praktikum, terdapat layanan ubah jadwal yang di gunakan bagi mahasiswa untuk dapat melihat jadwal pada minggu selanjutnya atau dapat juga merubah jadwal yang di inginkan.
Dan terakhir adalah logout pada saat semua keseluruhan kegiatan telah di selesaikan.
- Modul Praktikum
Dalam layanan ini, terdapat sebuah informasi yang memberitahukan tentang pelajaran-pelajaran yang di berikan agar pada saat kegiatan praktikum berlangsung mahasiswa tidak bingung atas praktek yang akan di operasikan atau di kerjakan.
Setiap fakultas mempunyai modul praktikum yang berbeda beda.

Administrasi
- Download Jadwal
Dalam layanan ini mahasiswa dapat mendownload jadwal praktikum.
Pada download skema, jadwal yang diberikan adalah jadwal pada seluruh fakultas pada hari dan jam yang berbeda. Dan pada download terminal, berisi nomor terminal atau nomor komputer dan jam keberapa yang sudah di berikan dan di susun untuk setiap mahasiswa.
- Sistem Penjadwalan Praktikum
Dalam layanan ini terdapat tata tertib penjadwalan,sistem penjadwalan, informasi tentang praktikum pengganti (pada praktikum pengganti mahasiswa yang pada saat praktikum yang sudah di jadwalkan tidak dapat hadir mendapatkan praktikum pengganti, namun ada syarat-syarat yang harus dilakukan untuk praktikum pengganti), sesi praktikum (terdapat informasi shift-shift jadwal praktikum),keterlambatan(pada keterlambatan, praktikan di larang keras untuk terlambat, bagi praktikan yang terlambat di anggap absen, dan batas absen maksimal 2x perpraktikum).

Registrasi Kelas 1
- Prosedur Praktikum I-lab
Pada layanan ini, terdapat informasi tentang cara-cara praktikan untuk dapat mengikuti praktikum, langkah pertama, praktikan harus mengaktivasi akun I-lab, lalu mencetak kartu praktikum, setelah melakukan kedua langkah tersebut praktikan dapat mengikuti kegiatan I-lab.
- Registrasi Kelas 1
Layanan ini berisi informasi atau langkah-langkah bagi mahasiswa baru yang akan meregistrasi atau mengaktivasi akun I-lab.
- Cetak Kartu Praktikum
Layanan ini di peruntukkan bagi mahasiswa yang sudah mengaktivasi akun ilab.Dalam layanan ini, mahasiswa di wajibkan mengupload foto yang sudah di tentukan ukuran, pakaian, dan warnanya.Layanan ini akan di cetak dengan settingan .pdf pada file.

Kelebihan Pada I-lab : I-lab dapat memberikan modul modul yang dapat kita pelajari sebelum proses praktikum di mulai, I-lab juga dapat memberikan jadwal praktikum bagi praktikan dan I-lab dapat mencetak kartu praktikum secara praktis.

Kekurangan Pada I-lab : Pada bagian Modul ada yang tidak dapat di baca, walaupun ada sebagian yang dapat di baca. Selebihnya baik.

http : Ilab.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar