Senin, 21 Maret 2011

Sistem Perilaku Organisasi

SISTEM PERILAKU ORGANISASI

Andi Ivan V
30110682
1DB03

Organisasi sebagai sebuah sistem

Seperti yang kita ketahui, Organisasi adalah sekumpulan orang-orang antara dua orang atau lebih yang disusun dalam kelompok-kelompok, mempunyai pembagian kerja dan tata hubungan kerja secara struktur, formal, dan terkoordinasi yang mempunyai bentuk kerjasama untuk mendapatkan pencapaian suatu tujuan bersama dan juga memiliki visi dan misi yang sama. Tujuan disini dapat di definisikan sebagai output, dan untuk menjadi output di perlukan input. Input dapat berupa raw material, sumber daya manusia, uang, informasi dan lain – lain. Sistem sendiri dapat didefinisikan sebagai suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Di dalam organisasi terjadi konversi dari input menjadi output dan di perlukan banyak proses yang saling berhubungan dari fungsi-fungsi struktural yang ada sebagai contoh RND, Produksi, Accounting, Marketing, IT dan lain -lain. Proses berjalan sampai menjadi output dan akan di dapat data yang di hasilkan selama berjalan. Diharapkan data dapat diolah menjadi informasi dan di kembalikan kembali ke setiap fungsi departemen dimana akan di gunakan untuk mengukur kinerja, kontrol dan untuk pendukung dari pengambilan keputusan. Ratusan atau ribuan proses ini saling berhubungan dan bekerja sama dapat kita namakan dengan istilah business process. Business process akan berkembang terus sejalan dengan berkembangnya organisasi.

Contoh:

• Kelas sebagai sistem sosial

Kelas merupakan bagian dari mikrososiologi yang menelaah kehidupan kelompok sosial di sekolah dengan keseluruhan dinamika yang terjadi di dalamnya. Di sana terdapat gabungan dari individu-individu yang membentuk suatu kelompok sosial yang teratur dan memiliki fungsi dan peran yang kompleks dalam kacamata pendidikan. Ruang kelas memenuhi standar definisi kelompok sosial karena sekumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi (Horton dan Hunt, 1984).

• Cara pandang kesisteman :

- Sistem tertutup : hasil adalah selalu buah dari suatu usaha dan manusia hanyalah bagian dari mesin organisasi yang kompleks.
- Sistem terbuka : kekuatan yang berupa perasaan, norma dan sikap berpengaruh terhadap perilaku seseorang dlm. organisasi (faktor lingkungan ikut berperan thd. perilaku seseorang dalam organisasi).

Pengertian Sistem Perilaku Organisasi

Perilaku Organisasi adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok, serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individual, kelompok, maupun organisasi). Perilaku organisasi juga dikenal sebagai Studi tentang organisasi. Studi ini adalah sebuah bidang telaah akademik khusus yang mempelajari organisasi, dengan memanfaatkan metode-metode dari ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi dan psikologi. Disiplin-disiplin lain yang terkait dengan studi ini adalah studi tentang Sumber daya manusia dan psikologi industri serta perilaku organisasi.




3 unsur utama perilaku organisasi :

• Pandangan psikologi
• Pandangan ekonomi- pandangan bahwa individu dipengaruhi aturan organisasi dan pemimpinnya
• Pandangan tentang penekanan kepada tuntutan manajer untuk mencapai tujuan organisasi.

Prinsip organisasi suatu organisasi bisa dikatakan solid jika memiliki sifat sbb :

1. Adanya pembagian tugas
2. Memiliki kesatuan arah
3. Tujuan organisasi harus di terima dan di fahami oelh setiap orang di dalam organisasi.
4. Mempunyai tujuan yang jelas
5. Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggungjawab.
6. Penempatan orang harus sesuai ahlinya.
7. Berkesinambungan

• Manfaat ilmu perilaku organisasi

- Menentukan kebijaksanaan
- Membuat aturan-
- Memecahkan masalah, dll


Konsep Perilaku Organisasi-Organisasi :

- Sistem kerja sama sekelompok orang yang mempunyai aturan dan keterikatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
- Struktur pembagian kerja dan mekanisme kerja antara sekelompok orang yang mempunyai aturan dan keterikatan tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukanPerilaku.
- Sikap dan tindakan- Ilmu Perilaku organisasi- Ilmu tentang perilaku tiap individu dan kelompok serta pengaruh tiap individu dan kelompok terhadap organisasi, maupun perilaku interaksi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok dalam organisasi demi kemanfaatan suatu organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar