Senin, 14 Maret 2011

Hubungan antara Manejemen, Organisasi, dan Metode

HUBUNGAN ANTARA MANAJEMEN, ORGANISASI, DAN METODE

ANDI IVAN V
1DB03
30110682

Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.
Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
Menurut saya dalam kehidupan seperti ini, kita harus kiat atau pintar-pintar dalam me-manage waktu, dengan ada’a managemen yang di terapkan, maka semua kegiatan yang bersangkutan dengan kehidupan sehari-hari bisa di lakukan sesuai dengan planning yang kita rencanakan dan mencapai sasaran.Dengan adanya schedule atau jadwal yang kita susun, susunan kegiatan yang sudah di rencanakan tidak akan terbengkalai begitu saja.
Kita pun mengetahui, tujuan dan fungsi dari managemen tersebut adalah untuk mengatur dan menyusun sebuah kegiatan atau planning secara efektif dan efisien. Efektif dalam artian managemen adalah bahwa tujuan yang kita rencanakan dapat terlaksana sesuai dengan hasil yang di inginkan.Sedangkan efisien itu sendiri bahwa susunan kegiatan yang telah ada dapat di laksanakan secara benar, terorganisir dan sesuai dengan semua susunan jadwal.

ORGANISASI
Organisasi adalah sekumpulan orang-orang antara dua orang atau lebih yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang mempunyai pembagian kerja dan tata hubungan kerja secara struktur, formal, dan terkoordinasi yang mempunyai bentuk kerjasama untuk mendapatkan pencapaian suatu tujuan bersama dan juga memiliki visi dan misi yang sama.
Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Metode
Kata metode berasal dari kata Yunani methodos, sambungan kata depan meta (menuju, melalui, mengikuti) dan kata benda hodos (jalan, cara, arah). Kata methodos berarti: penelitian, metode ilmiah, uraian ilmiah, yaitu cara bertindak menurut sistem aturan tertentu. Sementara itu, metodologi berasal dari kata metode dan logos, yang berarti ilmu yang membicarakan tentang metode-metode. Melihat dari pengertiannya, metode bisa dirumuskan suatu proses atau prosedur yang sistematik berdasarkan prinsip dan teknik ilmiah yang dipakai oleh disiplin (ilmu) untuk mencapai suatu tujuan.
Sementara itu metodologi disebut juga science of methods, yaitu ilmu yang membicarakan cara, jalan atau petunjuk praktis dalam penelitian atau membahas konsep teoritis berbagai metode atau dapat dikatakan sebagai cara untuk membahas tentang dasar-dasar filsafat ilmu dari metode penelitian. Bagi ilmu seperti sosiologi, antropologi, politik, komunikasi, ekonomi, hukum serta ilmu alam, metodologi merupakan dasar-dasar filsafat ilmu dari suatu metode atau langkah praktis penelitian.

Hubungan antara Manajemen, Organisasi, dan Metode

Seperti yang kita ketahui, organisasi adalah sekumpulan orang-orang antara dua orang atau lebih yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang mempunyai pembagian kerja dan tata hubungan kerja secara struktur, formal, dan terkoordinasi yang mempunyai bentuk kerjasama untuk mendapatkan pencapaian suatu tujuan bersama dan juga memiliki visi dan misi yang sama. Karena adanya organisasi yang sudah dibentuk, proses kegiatan yang akan dibuat akan lebih efektif. Sehingga tanpa kita sadari dengan adanya manajemen dalam suatu organisasi akan menjadi lebih efektif dan mempunyai efisiensi waktu dalam mecapai suatu tujuan. Dengan adanya manajemen juga dapat menangani suatu kegiatan yang lebih teratur dan secara bertahap dan terfokus. Selain itu metode juga mempunyai peranan dalam organisasi dan ada hubungan yang saling timbal balik, tahu kenapa ? ini dikarenakan dengan adanya peranan metode dalam organisasi, skema kegiatan jadi lebih berstruktur dan terorganisir secara jelas, karena bermanfaat untuk menyusun perencanaan kerja , pengkoordinasian, dan pengontrolan secara lebih terorganisir terhadap visi dan misi agar mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
Jika adanya manajemen, organisasi dan metode sesuatu kegiatan dapat berjalan dengan baik, dan juga lebih berstruktur karena mempunyai keefktifitas dan efisiensi waktu bahkan lebih maksimal pada pencapaian tujuan (visi dan misi) yang sudah direncanakan sebelumnya.
Karena pada ketiganya yaitu manajemen, organisasi, dan metode jika dilakukan sesuai fungsinya masing-masing, maka hubungan timbal balik itu ternyata akan saling menguntungkan satu sama lain diantara ketiganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar